Sabtu, 08 September 2012

Asal-Usul Nama Perusahaan IT


Kali ini admin akan akan memposting asal usul perusahaan IT. Menemukan nama untuk perusahaan harus keren dan unik. Berikut beberapa sejarah nama beberapa perusahaan IT




Printer kamu dan tintanya mungkin sekali keluaran pabrik HP. Perusahaan besar ini digagas oleh dua orang pria, yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard. Mereka sepakat menggunakan gabungan nama belakang mereka sebagai nama perusahaan yang mereka bangun bersama. Mereka melempar koin untuk memutuskan Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett.




Gordon Moore dan Bob Noyce mulanya bermaksud memilih nama Moore Noyce untuk perusahaan mereka. Sial, gabungan nama belakang mereka itu sudah dimiliki jaringan hotel. Akhirnya, mereka memilih nama intel yang merupakan kependekan dari “INTegrated Electronic.”



Tiga bulan telat mendaftarkan dan mematenkan nama perusahaan IT yang baru mereka rintis. Steve Jobs dan beberapa rekan bisnisnya belum juga menemukan nama yang pas. Akhirnya Steve menantang rekan-rekannya untuk mengusulkan nama yang lebih baik dibandingkan “apple” pada hari itu juga. Jika tidak ada yang menemukan nama lain, dia akan mendaftarkan Apple. Rupanya hari itu teman teman Steve lagi nggak kreatif jadilah Apple yang terpilih.



Larry Page dan Sergey Brin keluar dari program doctoral di fakultas ilmu computer Stanford University untuk membangun perusahaan IT. Untuk sementara mereka memilih nama “Googol” yang mengacu pada angka 10 atau angka 1 diikuti oleh 100 angka nol, yang merupakan jumlah atom di semesta kita ini. Maksudnya sih untuk menunkkan besarnya jumlah data yang mereka rancang untuk bias diakses para pengguna mesin pencari yang mereka ciptakan. Ketika bertemu pendiri SUN (Andy Bechtolshem) untuk meminjam dana, pak Andy suka dengan ide nama itu dan langsung menandatangani cek pemberi dana. Namun beliausalah menulis “Googol” menjadi “Google”. Googol pun menjelma menjadi Google.

(Sumber: Majalah Teen Edisi 210)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar